"Peran Pramuka Didalam Pendidikan"
Kurangnya Minat Remaja Didalam Pramuka
Disusun Oleh :
Izzati Ramadhannisa & Zunia Khairunnisa
Gugus Depan 04049-04050 Lukman El Hakim
KATA PENGANTAR
Puji syukur kami
panjatkan kepada Allah SWT, karena berkat rahmat dan hidayahnya, penulis dapat
menyelesaikan karya tulis ilmiah ini.
Terima kasih kepada
berbagai pihak yang telah membantu kami sehingga kami dapat menyelesaikan karya
tulis ini.
Kami sadar, karya
tulis ini sangat jauh dari kata sempurna. Mohon maaf jika banyak sekali
kekurangan di karya tulis ini. Kami sangat mengharapkan kritik dan saran dari
pembaca.
ABSTRAK
Banyak remaja yang
sering mengabaikan kegiatan kepramukaan. Mereka menganggap pramuka itu tidak
memberikan manfaat apapun. Padahal, Pramuka sangat banyak manfaatnya, terutama
didunia pendidikan. Pramuka bisa dikaitkan erat dengan dunia pendidikan.
Berdasarkan realita yang ada, penulis mempunyai ide untuk menulis karya tulis
ilmiah yang berjudul “Kurangnya Minat Remaja Didalam Pramuka.”
PENDAHULUAN
- Latar Belakang Masalah
Di Indonesia, Kegiatan Kepramukaan kurang diminati
bahkan sangat tidak diminati di kalangan para Remaja. Memang tidak semua remaja
yang tidak meminati kegiatan ini, akan tetapi hanya sekian persen saja Remaja
yang mengikuti Pramuka. Lebih banyak orangtua dan anak-anak saja yang
bersemangat mengikuti kegiatan ini.
Banyak alasan dari mereka para remaja yang tidak
meminati kegiatan Pramuka ini. Alasan-alasan itu adalah :
- Pramuka adalah kegiatan yang membosankan
- Pramuka adalah kegiatan yang tidak bermanfaat sama sekali
- Pramuka itu hanya berupa teori-teori saja
- Pramuka menghabiskan banyak waktu
- Pramuka menghabiskan banyak uang
- Banyak orang tua yang tidak mengizinkan anak-anaknya untuk ikut Pramuka karena lima alasan diatas
- Pramuka adalah kegiatan yang menguras tenaga
Dan
masih banyak alasan yang lainnya, yang membuat para remaja ini menjadi enggan
bahkan tidak meminati kegiatan Pramuka.
Padahal,
kegiatan Pramuka ini sangat banyak manfaatnya di berbagai bidang. Di bidang
Pendidikan, banyak teori dari Pramuka yang secara tidak langsung membahas tentang
teori-teori yang ada disekolah. Misalnya saja, Dasadarma. Kalau kita perhatikan
setiap isi Dasadarma, tujuan isinya hampir sama dengan Pancasila. Dan Pancasila
itu biasa dipelajari di pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan atau PKn. Contoh
lain, di Pramuka diajarkan Tali Temali. Itu sama saja dengan kita mempelajari
Seni Budaya disekolah.
Sebenarnya, masih banyak manfaat dari Pramuka dalam
pendidikan. Tapi kami hanya mengambil dua contoh dari sekian banyak contoh.
Banyak sekali pelajaran yang dapat diambil dari Pramuka jika para remaja
menyadarinya. Kami ingin memperlihatkan bahwa kegiatan pramuka itu tidak seburuk
yang selama ini para remaja kira. Dan kami ingin membuktikan bahwa pramuka itu kegiatan yang
sangat menguntungkan jika kita ikuti dengan seksama,
sebab di dalam kegiatan pramuka itu semua yang kita
lakukan pasti ada manfaatnya untuk kedepannya.
Untuk
itu, kami tertarik untuk membuat Karya Tulis Ilmiah yang berjudul : “Kurangnya
Minat Remaja Didalam Pramuka.” Kenapa kami mengambil judul ini? Karena menurut
kami, ini berkaitan dengan tema dari Lomba Karya Tulis Ilmiah yang bertema :
“Peran Pramuka didalam Pendidikan.”
Perumusan Masalah
Berdasarkan
latar belakang masalah yang kami kemukakan tadi, maka masalah yang dapat kami
ambil adalah :
- Kenapa banyak remaja yang kurang meminati Kegiatan Pramuka?
- Apa peran Pramuka didalam Pendidikan?
- Tujuan Penulisan
Tujuan kami para penulis untuk
menulis karya ilmiah ini adalah sebagai berikut :
- Mengetahui apa yang membuat remaja enggan mengikuti Pramuka
- Mengetahui apa peran Pramuka didalam Pendidikan
- Ruang Lingkup Penulisan
Jangka waktu kami
menulis karya ilmiah ini adalah seminggu lebih dua hari. Kami mulai dari
membuat angket yang berisi data dan dibagikan kepada sepuluh remaja untuk
dijadikan sampel, pengolahan data hingga yang terakhir penulisan. Adapun ruang
lingkup penulisan mencakup apa Peran Pramuka didalam Pendidikan, dan apa
Manfaat dari Pramuka dikalangan para remaja
- Manfaat
Manfaat
yang ingin kami capai dalam penulisan karya ilmiah ini adalah :
- Mengembangkan gagasan dan pengetahuan penulis dalam Pramuka
- Memberikan informasi apa sebenarnya peran Pramuka didalam Pendidikan
- Memberikan manfaat jika kita mengikuti Pramuka
LANDASAN TEORI
Di dalam kegiatan pramuka itu semua yang kita lakukan
pasti ada manfaatnya untuk kedepannya. Beberapa contoh
kegiatan yang ada di Pramuka adalah :
- Tali-temali. Tali temali bisa kita manfaatkan dalam kehidupan sehari-hari, dalam mengikat atau memperkuat barang yang satu dengan barang yang lain tanpa harus kita membeli lem.
- Sandi-sandi, dari sandi-sandi ini lah kita dapat mengetahui dan mempelajari bagaimana cara mempergunakan sandi ini deengan benar dan manfaat kita mempelajari berbagai macam-macam sandi yang disediakan oleh pramuka. Salah satu manfaatnya yaitu sebagai huruf rahasia. Jadi huruf sandi itu sukar untuk dimengerti atau dipecahkan oleh orang yang belum pernah mempelajarinya. Huruf sandi ada beberapa macam dan tiap sandi ada kuncinya tersendiri untuk membuat dan membacanya atau menterjemahkannya. Dari sinilah kita telah dapat membuktikan bahwa tidak semua orang dapat memahami sandi ini, hanya orang-orang khusus saja yang telah memahaminya yang bisa dapat mempraktekkan ilmu sandi ini, sebab ilmu sandi ini memang untuk dipergunakan sebagai penyampaian berita yang sangat dirahasiakan dan tidak untuk dipublikasikan ke orang banyak.
- Kompas, dimana dari mempelajari kompas ini kita banyak mendapatkan manfaatnya,salah satu manfaatnya adalah sebuah alat untuk menetapkan mata angin. Kebanyakan kompas yang dipakai itu memperlihatkan delapan arah mata angin. Kalau kita letakkan kompas di atas telapak tangan kita, maka lihatlah jarum yang berwarna hitam selalu menunjukkan ke arah utara,maka sebelah kanannya arah timur, sebelah kirinya arah barat, sedangkan arah jarum putih arahnya ke arah selatan. Dan kompas ini pasti digunakan oleh perintis dihutan-hutan atau tiap pelaut yang mengarungi lautan pasti menggunakan kompas, dan pengemudi pesawat terbang yang sedang mengarungi angkasa luas, selalu menggunakan kompas. Jadi telah terbukti bahwa kompas itu sangat menguntungkan dan bermanfaat untuk kehidupan kita sehari-hari.
- Berkemah. Berkemah ini sangat banyak manfaatnya, antara nya adalah mengagumi alam ciptaan tuhan, mempercakap diri dalam melaksanakan ajaran-ajaran pramuka, mempraktekkan sistem kerukunan, dapat mengenal alam dan teman dari dekat, menemukan hal-hal yang baru yang akan mempertebal percaya diri, dan membuat kita lebih menjadi anak yang tidak selalu bergantung pada orang tua maupun keluarga yang bersifat merugikan orang lain.
- Mengenali tanda-tanda atau simbol-simbol yang terdapat dalam suatu tempat atau medium-medium tertentu. Manfaat mempelajari ilmu ini adalah untuk mempermudah kita dalam perjalanan atau pada saat penjelajahan. Tanda-tanda atau simbol-simbol ini terdiri dari empat bagian, yaitu tanda-tanda diatas tanah, tanda – tanda dengan rumput, tanda – tanda dengan batu, dan tanda – tanda pada ranting.
- P3K, yaitu pertolongan pertama pada kecelakaan dimana P3K ini mempermudah kita untuk mempermudah bagaimana kita melakukan pertolongan pertama pada kecelakaan
METODE PENULISAN
Dalam penulisan karya
ilmiah ini, kami para penulis membutuhkan data dan informasi terkait. Untuk
mendapat data dan informasi yang diperlukan dalam penulisan karya tulis ini,
kami para penulis menggunakan metode :
- Observasi Lapangan
- Studi Pustaka
ANALISIS DATA
Kami mengambil 10 remaja untuk dijadikan sampel. Kami memberikan 10 pertanyaan untuk mereka.
No.
|
Pertanyaan
|
Setuju
|
Tidak Setuju
|
1
|
Kebanyakan orang tua melarang anaknya mengikuti Pramuka dengan alasan
tertentu
|
||
2.
|
Kebanyakan para anak-anak atau remaja mengikuti Pramuka untuk mendapat
nilai di Raport mereka
|
||
3.
|
Pramuka itu membosankan
|
||
4.
|
Banyak yang bisa didapat dari Pramuka
|
||
5.
|
Kebanyakan wanita atau pria yang mempunyai pasangan yang mengikuti
Pramuka, mereka juga ikut masuk ke Pramuka
|
||
6.
|
Pramuka itu monoton
|
||
7.
|
Pramuka itu hanya berupa teori
|
||
8.
|
Pramuka menyita waktu
|
||
9.
|
Pramuka hanya untuk ajang senang-senang
|
||
10.
|
Pramuka hanya untuk mengisi waktu luang
|
Pertanyaan No. :
1. SETUJU = 8 orang TIDAK SETUJU = 2 orang
2. SETUJU = 4 orang TIDAK SETUJU = 6 orang
3. SETUJU = 9 orang TIDAK SETUJU = 1 orang
4. SETUJU = 5 orang TIDAK SETUJU = 5 orang
5. SETUJU = 6 orang TIDAK SETUJU = 4 orang
6. SETUJU = 8 orang TIDAK SETUJU = 2 orang
7. SETUJU = 8 orang TIDAK SETUJU = 2 orang
8. SETUJU = 7 orang TIDAK SETUJU = 3 orang
9. SETUJU = 4 orang TIDAK SETUJU = 6 orang
10. SETUJU = 3 orang TIDAK SETUJU = 7 orang
KESIMPULAN DAN SARAN
kesimpulan yang dapat kami ambil adalah masih kurangnya minat Pramuka dikalangan para remaja. Padahal, Pramuka itu banyak sekali manfaatnya. Dan Pramuka juga sangat berperan didunia Pendidikan.
Saran kami, kita hapuskan pendapat para remaja yang kurang meminati Pramuka. Banyak cara yang dapat dilakukan, salah satunya adalah dengan banyak mengadakan kegiatan-kegiatan diluar.
Saran kami, kita hapuskan pendapat para remaja yang kurang meminati Pramuka. Banyak cara yang dapat dilakukan, salah satunya adalah dengan banyak mengadakan kegiatan-kegiatan diluar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar